Ranar Pradipto: Alam membuat saya tenang dan damai

Kapan tepatnya Anda mengetahui atau memutuskan bahwa Anda ingin serius memotret? Apa pemicunya? Sejak kuliah di Jogja dan Semarang, saya memiliki kegemaran traveling. Fotografi membuat setiap perjalanan saya lebih berwarna. Saya sering pergi sendiri menyewa perahu untuk menikmati indahnya sunrise dan aktivitas pagi di danau…

Empat kesalahan pemula saat memotret landscape

Tidak ada seorang pun bisa menjadi seorang profesional dalam sekejap. Belajar merupakan bagian dari sebuah proses. Akan tetapi, banyak orang enggan disebut sebagai fotografer pemula. Semua ingin menciptakan gambar layaknya fotografer profesional. Namun, ada beberapa kesalahan tertentu yang biasanya dilakukan seorang pemula. Berikut adalah empat…

Libur Lebaran di Yogyakarta dan sekitarnya? Jangan lupa mampir di Watu Lumbung

Berkembangnya wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, dengan adanya media sosial seperti Instagram, kawasan Gunungkidul pun semakin tenar akan keindahannya. Suasana pedesaan sangat kental di Gunungkidul. Senyum ramah penduduk sekitar selalu memberi kesan tersendiri. Sepanjang pesisir Gunungkidul merupakan…

Memotret galaksi Bima Sakti dari jendela pesawat

Ini ide yang jarang terpikirkan. Fotografer Ian Norman berbagi tips tentang bagaimana memotret galaksi Bima Sakti dari jendela pesawat. Ada beberapa hal sederhana tetapi penting yang disampaikan, misalnya mengatasi pantulan cahaya (glare) pada jendela pesawat. Silakan simak:

Hasselblad luncurkan X1D, kamera mirrorless medium format

hasselbladx1d-800x420

Hasselblad, produsen kamera premium asal Swedia membuat gebrakan dengan merilis X1D, kamera mirrorles medium format (banyak sumber menyebut ini yang pertama, padahal PhaseOne sudah membuat medium format mirrorless sejak 2014). Sebelumnya, sempat beredar informasi bocoran tentang peluncuran ini.

hasselbladx1D_front

Kamera dengan berat setengah dari kamera medium format biasa ini—dan nyaman digenggam—memiliki resolusi 50 megapiksel. CEO Hasselblad Perry Oosting menyatakan, X1D merupakan tonggak penting dalam 75 tahun sejarah Hasselblad.

Kamera ini dilengkapi LCD dan mode video. Dengan sensor yang dimiliki tersebut, Hassselblad mengklaim kamera ini sebagai kamera mirrorless medium format pertama di dunia.

x1d_leaked-670x377

Hasselblad juga merilis lensa untuk kamera mirrorless-nya, yaitu Hasselblad XCD 45mm/f3.5 dibanderol dengan harga 2.295 dolar AS dan Hasselblad XCD 90mm/f3.2 dengan harga 2.695 dolar AS. Kamera Hasselblad X1D sendiri dibanderol dengan harga 8.995 dolar AS.


Sumber: Petapixel

‘Timing’ dan perencanaan, kunci memotret objek bergerak

Timing, utamanya untuk momen-momen yang butuh kecermatan dalam menekan shutter amatlah krusial untuk menghasilkan foto yang baik. Namun, timing yang pas tanpa perencanaan yang baik juga tidak selalu berhasil. Fotografer Bimo Haryo, dalam foto di atas (terpilih sebagai FPE Agustus 2014), paham betul bagaimana merencanakan…

Mengintip sepotong kehidupan para tetangga

Di kota-kota besar, di mana ruang kian terbatas, hidup berdampingan dengan tetangga dalam sebuah lingkungan apartemen menjadi keniscayaan. Tidak jarang, ruang privat kita bisa dilihat oleh tetangga kita.

Bagi fotografer Gail Albert Halaban, yang tinggal di New York, hal itu menarik untuk dijadikan sebuah proyek fotografi. Alhasil, lahirlah seri foto “Out My Window”, yang menggambarkan potongan kehidupan di antara jendela-jendela apartemen.

f10_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_baby_at_window_yatzer

f1_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_dino_yatzer

f4_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_chelsea_pensouth_yatzer

f5_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_glasshousewithdog_yatzer

f7_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_chinatown_yatzer

f9_out_my_window_gail_albert_halaban_new_york_baby_at_window_yatzer

Cerita dan foto-foto selengkapnya, silakan menuju tautan ini.

Fotografer Cina, Fan Ho, meninggal pada usia 84

story-20141103170538-oFanHo_MG_9614BWFotografer Cina, yang dikenal dengan foto-foto street yang menggambarkan Cina masa lampau, meninggal Minggu (19/6) di sebuah rumah sakit di San Jose, California, pada usia 84 tahun.

Fan Ho lahir di Shanghai, Cina, pada 1931. Ia memegang kamera pertama kali pada usia 13 saat ayahnya memberinya Rolleiflex twin-lens reflex. Masa remajanya dihabiskan di jalanan Hong Kong, memotret jalanan di kota sibuk itu pada 1950-an. Foto-foto street photography-nya kemudian menarik perhatian dunia, dan melahirkan banyak (hampir 300!) perhargaan.

5-Fan-Ho-Hong-Kong-Memoir-yatzer

14-Fan-Ho-Hong-Kong-Memoir-yatzer

17-Fan-Ho-Hong-Kong-Memoir-yatzer

01-Fan-Ho-Hong-Kong-Memoir-yatzer

Dengan karier fotografi yang panjang, ia dianggap sebagai fotografer paling berpengaruh di Asia. Foto-fotonya dimuat di berbagai media bergengsi, mulai dari New York Times hingga BBC.

Masa tuanya dihabiskan di California hingga wafatnya.

Foto-foto Fan Ho lainnya bisa dilihat di website pribadinya.


Via PetaPixel

Salin Busana Leluhur Toraja

Ritual Ma’nene adalah upacara adat mengganti pakaian jenazah para leluhur yang dikenal dengan nama Ma’nene. Ritual unik seperti ini hanya ada di Tanatoraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Ritual Ma’nene dilakukan khusus oleh masyarakat Baruppu, di pedalaman Toraja Utara. Ritual ini digelar tiap tiga tahun sekali pada…

Mengupload foto ke Instagram langsung dari Lightroom? Bisa!

Banyak orang yang memilih untuk mengedit dahulu fotonya lewat perangkat laptop atau desktop sebelum diupload ke Instagram. Namun, selama ini prosesnya agak ribet.

Dengan plugin LRI/nstagram, hal tersebut menjadi lebih mudah. Plugin ini adalah plugin tak resmi Lightroom. Dengan menginstal plugin, lalu menuju bagian Lightroom Publishing Manager, add new service, dan lakukan autentikasi akun Instragam.

Drag foto yang ingin diupload ke publish collection, lalu klik Publish untuk memajang foto FK-wan ke Instagram. Mudah, bukan? Silakan coba. Plugin ini hanya bekerja dalam platform Adobe Lightroom CC atau LR 3.0 (atau yang terbaru), pada perangkat Windows XP (atau yang lebih baru) dan Mac OS 10.7 (atau yang lebih baru).


Sumber: LRInstagram.com via Petapixel