[Tips] Membuat foto hitam putih

Pin It

Teks dan foto oleh Rivo Yubara

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang foto hitam-putih.

Kenapa foto hitam dan putih?

Karena kita sangat terbiasa melihat sekitar kita yang penuh warna. Dan saat memandang karya foto hitam dan putih akan terlihat daya tarik yang kuat dengan tone, bentuk dan tekstur yang berbeda, berpadu tanpa ada gangguan warna. Terbukti juga hingga kini foto hitam dan putih juga masih disukai dan sebagai fotografer memotret hitam dan putih bisa meningkatkan keterampilan. Kita akan lebih terampil memahami kontras, bentuk, tekstur dan juga kita dilatih mengatur terang dan gelap sebagai elemen untuk menghasilkan foto yang baik.

Saat ini membuat foto hitam dan putih dapat dengan mudah dan cepat dihasilkan. Di dalam kamera digital juga terdapat fasilitas pemotretan monokrom. Hanya, dengan adanya konversi standar dalam kamera kita kehilangan kontrol untuk pengaturan tonal hitam dan putih sesuai yang diinginkan.

Memulai dengan memotret dalam format berwarna akan memberi keleluasaan dalam proses pembuatan foto hitam-putih, karena yang baik di format berwarna belum tentu bagus jika dibuat hitam-putih.
Penulis menggunakan photoshop CS2 dan aplikasi Picasa dari Google sebagai panduan konversi dari foto berwarna menjadi hitam dan putih.

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merubah foto menjadi monokrom:

Program gratis Picasa dari google dapat juga mengkonversi secara sederhana sebuah foto menjadi hitam-putih. Pada mode editing pilihlah Effect lalu klik BW.

Mode Grayscale
Cara sederhana untuk mengubah foto berwarna menjadi monokrom adalah berganti ke mode grayscale. Di Photoshop pilih [Image][Mode][Grayscale]. Proses ini mengurangi jumlah channel warna dari RGB menjadi satu (grayscale).

Desaturasi Warna
Proses ini juga akan menghasilkan foto hitam dan putih dengan menghilangkan warna tanpa mengubah nilai kecerahan (brightness). Pilih [Image][Adjustment][Desaturate].

Modus Lab
Cara ini akan memberi tone yang lebih cerah dari cara konversi desaturasi. Pilih [Image][Mode][Lab Color], Anda akan mendapat channel lightness dan dua channel warna a dan b, dengan menghapus channel a dan b akan mengubah foto menjadi monokrom.

Channel Mixer
Pilih [Image][Adjustment][Channel mixer] lalu centang Monochrome. Konversi ini sedikit kompleks namun didapat keleluasaan untuk mengatur tone gelap dan terang sesuai dengan warna.

Seperti Anda lihat, masing-masing cara konversi memberi hasil yang sedikit berbeda. Anda dapat mencoba metode-metode tersebut sampai menemukan pilihan yang tepat.

Setelah kita memilih metode konversi yang sesuai keinginan dapat dilanjutkan dengan mengedit kontras foto. Terkadang foto hitam-putih tampak datar dan tidak hidup, kita dapat mengontrolnya dengan melihat histogram. Informasi histrogram akan menunjukkan distribusi tone dalam gambar, dalam hal ini box dialog levels dan curves dapat membantu memperbaiki cakupan tonal dalam foto.

Langkah berikutnya setelah kita mengoptimalkan cakupan tonal dan kontras dengan levels atau curves, kita masih dapat memperbaiki penampilan foto hitam-putih. Teknik dodging dan burning akan membantu menambahkan eksposure kepada bagian-bagian tertentu dalam foto Anda, atau menggelapkan bagian-bagian lainnya. Hal ini akan membantu mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Dengan terus berlatih mengolah foto hitam-putih akan didapat hasil foto yang indah dan dramatik, Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan grain atau bahkan menambahkan toning kedalam foto-foto Anda. Toning sepia adalah yang paling populer dalam foto-foto hitam putih.

Penulis sendiri masih terus belajar dalam mengolah foto hitam-putih, kumpulan karya foto hitam-putih saya bisa Anda lihat di website www.cloudybali.com.

(Silakan kirimkan kisah foto Anda, pengalaman, atau tips memotret ke admin@fotokita.net)

Comments

  1. kiki says:

    saya motret hitam putih lebih senang eksplorasi langsung dengan FILM BW.. :)

  2. iyan says:

    IMHO topik ini lebih tepat berjudul mengkonversi warna ke BW

  3. Rivo Yubara says:

    @kiki
    Develop film memang asik ya?
    ayo berbagi teknik kamar gelapnya :-)

    @iyan
    Bisa juga sih, thanks untuk komentarnya

  4. terimakasih sharing nya,kalo mau belajar develop film atau paper, saya bersedia share.

  5. ali3010 says:

    thanks utk bro rivo atas ilmuny…(bguna bwt sy) bwt yg lain yg tau teknik kamar gelap sharing2 yah..salam

  6. eh..
    ad alig…

    hmmmm…
    saya biasa membuat foto menjadi hitam putih itu apabila warnanya sedikit mengganggu…
    jadi warna hitam putih itu jelas lebih aman di mata pelihat foto.

  7. rio praditia says:

    klo mank mau BW yang seru..
    knp ga coba pake film ja..
    tetep beda tonenya daripada BWyang dari digital
    hehhhehhehheh

  8. Admin says:

    @Harry Chandra, kalau mau share, silakan kirimkan ke email kami (tercantum di bagian bawah artikel di atas).

  9. Rivo Yubara says:

    Film dan digital adalah dua media yang berbeda. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan, foto hitam-putih memang asik diliat dalam media film.
    Menarik sekali untuk tau teknik kamar gelap, tapi seberapa efisien/sulitkah saat ini untuk develop media film?
    diskusi bisa juga di forum NG
    http://forum.nationalgeographic.co.id/topic.php?id=148

  10. okicahyo says:

    ansel adams – father of black and white photography, read his book fisrt. jika ingin sempurna atau setidaknya bagus dalam hitam putih baca dan cermati dulu buku- buku dari ansel adam. dalam buku ansel adam anda akan sangat terbiasa dengan yang disebut zone system, mulai zone 1sampai zone 10, dari putih terang tapi masih kelihatan teksturnya sampai hitam pekat tapi masih ada teksturnya. beberapa buku juga menyebutkan tentang teori sensitometry, dimana dalam satu frame paling tidak ada 8 zone agar foto menjadi hidup dan berdimensi.
    jika dalam photography digital akan lebih mudah membuat konversi ke hitam putih jika telah mengenal tentang zone sistem, karena dalam dunia digital tidak ada yang namanya foto hitam putih.

  11. phopho says:

    kok blum ada yang share teknik kamar gelap nya yak, di tunggu neh
    sabar – sabar…….hee he he hee

  12. Ac3p mancia Ternate says:

    Th4nx so barbage iLmu Bw dg torang yg jauh ditimur ne,.,.. Hehehe,

  13. Mahardhani says:

    tips yang sangat berguna… apa lagi buat newbie kaya saya. hehe

  14. emah suebu says:

    aQ suka sekali yang namanya Fotografer,oya n aQ butuh skali bnyak ilmu,tks udah byk membantu aQ.

  15. ternyata mudah membuat foto hitam putih
    thanks bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>