[Kisah Anda] Pesantren Unik di Lamongan

Teks dan Foto: Muhammad Adhitama

Yayasan Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) terletak di Desa Turi, Lamongan (Jawa Timur). Muhammad Abdullah Muchtar sebagai pendirinya mempunyai sebuah cara yang unik dalam memaknai Syariah Islam.

Saat saya berkunjung ke SPMAA, kesan pertama saya adalah bahwa tempat ini tidak jauh berbeda dengan pondok-pondok pesantren pada umumnya. Namun, kemudian tampaklah keunikan-keunikannya. Misalnya, pesantren ini tidak menabukan hal-hal modern namun tetap memegang teguh esensi dan nilai keagamaan.

Para santri seniornya telah melanglang ke penjuru Tanah Air untuk menghantarkan kajian dalam memaknai arti mengenal Allah secara mendekat dan mendasar. Analogi-analogi yang digunakan mudah dipahami, misalnya dengan menggunakan buah pisang, jam dinding, atau cawan bening berisi air dan ikan hias.

Di dalam pesantren, para santri dan santriwati dipisahkan oleh dua bangunan yang berbeda. Aktivitas membaca Alquran, menghafalkan ayat-ayat pendek, dan berzikir merupakan rutinitas. Selain itu ada hal yang menarik: di sini, para santri senior harus melayani yang yunior.