Balada di Tambang Minyak Tradisional, Wonocolo

Teks dan Foto: Sihol Sitanggang

Saat memasuki pertambangan minyak tradisional di desa Wonocolo, kecamatan Kedewan, Jawa Timur, teriknya matahari terasa menyengat. Panasnya terik matahari tak menyurutkan semangat para pekerja yang sedang memasak Crude Oil (minyak mentah) menjadi solar. Di antara pepohonan jati terdengar suara deru mesin diesel yang di modifikasi sebagai katrol yang digunakan menarik dan menurunkan pipa besi untuk menimba Crude Oil dari dalam perut bumi, dengan kedalaman hingga 300 meter lebih. Pipa besi itu naik turun tanpa henti seolah menguras cairan yang ada di dasar sumur tua peninggalan Belanda itu.

Sejauh mata memandang terlihat satu sumur minyak yang masih menggunakan tenaga manusia. Di atas bukit lima orang penambang sedang menarik pipa besi yang di ikat dengan Wire rope (tali kawat), mereka berlari menuruni bukit sambil menarik wire rope, hingga pipa besi berisi crude oil yang di dalam sumur terangkat  keatas, sedikit demi sedikit  crude oil pun memenuhi drum penampungan.

Di kawasan kecamatan Kadewan tersebar ratusan sumur minyak tua dengan lokasi yang berdekatan antara satu sama lain. Jarak 100-200 meter kita dapat temui aktivitas penambang yang dikelola per kelompok atau perorangan warga setempat. Sutomo (70) bersama istrinya menambang sejak september 2008 di sumur minyak 2DB, selama 19 bulan menambang sudah menghabiskan biaya Rp. 190 juta yang di pinjamnya dari anak-anak dan keluarganya. “Sampai saat ini belum dapat minyak yang bagus mas, masih banyak air” ujarnya.

Dari hasil penyulingan minyak berupa solar mereka jual dengan harga Rp. 600 ribu per drum (230 liter). Sangat ironis dimana sebuah desa yang sudah menjadi ladang minyak berpuluh tahun, taraf kehidupan perekonomiannya tidak meningkat. Bagi para penambang di kecamatan Kadewan kenaikan harga minyak mentah dunia tak ada yang dapat dibanggakan, kenyataannya mereka tidak merasakan kenaikan harga dari hasil tambangannya.

Lihat kisah selengkapnya disini: Tambang Minyak Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>