Mengenal Angle dalam Fotografi

Pin It

Fk-wan, saat jeda sore dikantor saya berdiskusi dengan foto editor National Geographic Indonesia, om Reynold Sumayku menyoal angel dalam fotografi. Ya, jika fk-wan sudah menguasai teknik exposure (diagframa, shutter speed, iso) maka hal yang perlu untuk diasah berikutnya adalah bagaimana mata fk-wan untuk merangkai sebuah penglihatan menjadi sebuah foto. Teknis exposure mungkin bisa dipelajari secara baku. Misalnya dalam hal sederhana jika ingin memotret saat siang dan malam penggunaan iso nya berbeda. Nah bagaimana dengan sudut pengambilan foto (angle) ?

“My life is shaped by the urgent need to wander and observe, and my camera is my passport”. ~ Steve McCurry

Kreatifitas fotografer dalam menentukan sudut pengambilan foto (angle) akan menciptakan foto yang menarik. (fotokita)

Secara garis besar, kita bisa mengkelompokkan angle foto menjadi lima macam. Angle foto ini akan menghasilkan foto-foto yang berbeda-beda pula. Jika sebuah menarik difoto dengan low angle belum tentu dengan angle lainnya objek tersebut menarik difoto. Nah apa saja angle foto yang biasa digunakan oleh para fotografer ?

1. Eye view

Sudut pengambilan ini memberi kesan yang sama dengan cara mata kita melihat terhadap objek. Posisi dan arah kamera memandang objek yang akan diambil layaknya mata kita melihat objek secara biasa. Kamera dan lensa sejajar dengan objek. Pengambilan angle eye view biasanya digunakan untuk mengambil foto potret terhadap manusia, dimana posisi kamera layaknya posisi mata kita sendiri. Terkadang, dalam travel fotografi pengambilan foto untuk mengabadikan aktivitas manusia, tekstur sebuah kota, atau interaksi dengan lingkungan sekitar kebanyakan menggunakan angle ini.

2. Low Angle

Posisi kamera lebih rendah dari objek foto serta menghadap ke atas dan memberikan kesan kemewahan, kebesaran, atau kekuatan dari sebuah objek. Fotografer menggunakan sudut pengambilan foto ini untuk memotret bangunan agar memberikan kesan yang megah dari bangunan tersebut. Dalam foto komersil sebuah iklan otomotif, sudut ini tak jarang pula digunakan untuk memberikan kesan ketangguhan dari produk mereka. Juga pada sebagaian fotografer memanfaatkan low angle untuk memotret manusia.

3. High Angle

Angle ini digunakan untuk menangkap kesan luas dari objek. Dengan high angle kita bisa memasukkan elemen pendukung objek yang akan kita abadikan kedalam frame. Kesan dari penggunaan sudut pengambilan foto ini akan memberikan kesan kecil atas objek foto. Pemanfaatan pengambilan foto dengan high angle juga bisa menghasilkan foto yang berbeda. Misalnya saat mengambil foto keramaian pasar, jalanan, atau lalu lintas disebuah sungai.

4. Bird Eye

Menggunakan sudut pengambilan ini, sebagai fotografer kita bisa memberikan kesan yang luas dalam foto yang kita hasilkan, ibarat penglihatan seekor burung. Memotret dengan sudut pengambilan ini digunakan untuk membuat foto tentang suatu daerah, perkotaan, atapun menggambarkan lanskap.

5. Frog Eye

Memotret dengan angle frog eye, posisi kamera bisa saja sejajar dengan tanah. Hal ini biasanya digunakan untuk memotret objek yang posisinya berada diatas tanah. Sebagain fotografer bersusah payah mengambil foto dengan sudut pengambilan ini, tak jarang pula mereka tiduran ditanah untuk menghasilkan foto yang bagus.

Untuk lebih jelasnya, fk-wan bisa melihat ilustrasi yang dibuat tentang sudut pengambilan foto. Fk-wan bisa dengan sangat leluasa menggunakan angle mana saja yang menurut fk-wan menarik untuk digunakan dalam pengambilan sebuah foto. Intinya sudut pengambilan foto merupakan kreatifitas dari masing-masing fotografer. Hal ini dibentuk oleh si fotografer itu sendiri. Bagaimana si fotografer melihat suatu objek, bagaimana sudut pengambilan agar objek terlihat bagus, dari sisi sebelah mana objek terlihat menarik. Kemampuan tersebut bisa didapat dengan cara melihat karya-karya foto yang menarik, sering-sering berlatih dan berkreasi untuk menangkap suatu objek, dan tak bosan mencoba berbagai macam sudut pengambilan. Pada akhirnya sudut pengambilan foto yang dilakukan si fotografer akan membentuk sebuah ciri dari foto yang dihasilkan oleh fotografer yang bersangkutan.

Nah, bagi fk-wan yang membutuhkan referensi mengenai kelima angle dalam fotografi bisa melihat foto-foto menarik yang diupload di fotokita.net. Kami juga memilihkan 12 foto terbaik hasil kreatifitas para fotografer member fotokita.net yang memanfaatkan sudut pengambilan untuk menghasilkan foto menawan. Link nya bisa dilihat disini : http://fotokita.net/blog/2013/09/angle-kreatif/

Selamat berkreasi ya fk-wan :)